Masa kebuntingan kelinci dan umur kelinci siap dikawinkan

= > Kebuntingan 

Kebuntingan kelinci berlangsung semenjak terjadinya pembuahan sampai dengan kelahiran, yakni 30 - 32 hari. Ada beberapa kelinci yang melahirkan lebih awal, 28 atau 29 hari ia sudah melahirkan. Tetapi ada pula yang tertunda ( mundur ) sampai 33 hari. Biasanya apabila kelahiran itu tertunda 2 a 3 hari, ada satu atau dua anak yang besarnya luar biasa. Prkembangan embryo di dalam uterus pada umur 10, 14 dan 21 hari. Embryo pada umur 10 hari masih sangat kecil.

= > Umur kelinci dikawinkan.

Untuk mengawinkan kelinci yang pertama kali, baik jantan maupun betina tergantung  jenis/bangsa kelinci dan pertumbuhanya masing - masing. Bangsa kelinci kecil, pertumbuhanya lebih cepat dan kemasakkan sexuilpun lebih cepat di banding jenis <<sedang>> dan <<besar>>. Btina mulai boleh dikawinkan apabila mereka sudah mencapi kedewasaan ( kemasakan ); beberapa kesulitan sering di alami jika perkawinan itu terlalu lama tertunda.
Setiap jenis kelinci secara individual ada yang mengalami pertumbuhan lebih cepat dari pada lainnya. Kelinci betina biasanya tumbuh lebi cepat atau lebih awal daripada kelinci jantan. Setiap 1 - 2 ekor jantan bisa melayani 10 - 20 ekor betina. Sebagai pedoman, atau rata - rata mereka mulai bisa dikawinkan ialah apabila :

  1. Pada jenis kecil betina dan jantan sudah mencapai 4 - 5 bulan. 
  2. Pada jenis sedang 5 - 6 bulan.
  3. Pada jenis besar 8 - 10 bulan.
Baca juga : 

Menentukan kesuburan kelinci

Masa kesuburan kelinci

Pemberian pakan yang di butuhkan oleh kelinci

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »