Bahan media tanam anggrek epifit terdiri dari pakis dan batu bata


- Cara pembuatan
  • Bahan media yang berupa pakis dan batu bata di bersihkan dengan cara di rendam dengan air bersih untuk menghilangkan semua kotoran yang menempel. Pakis yang berbentuk lempengan di potong - potong kecil - kecil kira - kira 2 cm. Pakis jangan di potong terlalu halus karena akan mengendap di pot bagian bawah sehingga dapat menghalangi pembuangan air. Batu bata pun di pecah - pecah di sesuaikan dengan ukuran pot.
  • Kedua bahan tersebut disterilisasi dengan perebusan sampai air medidih selama kira - kira 30 menit. Kemudian bahan media tersebut direndam dalam larutan fungisida seperti Antracol dengan kepekatan 1 sendok makan/1 l air selama 0,5 - 1 jam untuk mecegah tumbuhnya jamur. Selain itu, dilakukan perendaman dalam larutan pupuk majemuk seperti Rustica yellow sebagai zat makanan tanaman dengan konsentrasi 1 g/10 l air.
- Penggunaan 

  • Wadah untuk media tanam anggrek epifit dapat terbuat dari plastik atau tanah liat yang di lengkapi dengan lubang pembuangan air. Jenis pot yang di sukai yaitu pot tanah yang dangkal. Sebelum digunakn pot harus dicuci bersih dan setelah kering disemprot dengan desinfektan agar lebih steril.
  • Pot bagian bawah ditutup dengan pecahan batu bata sampai 1/3 bagian dari tinggi pot. Lalu di atasnya dimasukkan potongan pakis sampai 1/2 tinggi pot. Anggrek epifit ditanam dengan letak di tengah pot. Akar anggrek di atur sebaik - baiknya Lalu potongan pakis ditambahkan lagi sampai 2/3 tinggi pot.
  • Tanaman diletakkan di tempat terbuka, tetapi teduh sehingga tidak mendapat sengatan sinar matahari langsung. Agar mendapat sirkulasi udara yang baik, tanaman anggrek epifit ini sebaiknya digantung atau diletakkan di tempat yang agak tinggi. Kemudian tanaman di semprot dengan air untuk menjaga kelembapan dengan frekuensi 2 kali setiap hari. Pupuk daun disemprotkan setiap minggu sekali.

TRIMAKASIH SUDAH BERKUNJUNG KE WEBSITE KAMI SEMOGA BERMAFAT

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »