Kurang Tidur Gampang Lapar


    Pernah bangun tidur dengan rasa ektra lapar? Bahkan, setelah sarapan, Anda masih merasa ingin makan dan makan lagi? Hal itu ternyata wajar bagi seseorang yang kurang tidur. Kurang tidur mengakibatkan rasa lelah yang memicu rasa lapa. Selain itu, rasa lelah karena kurang tidur membuat seseorang bermasalah dengan berat badan dan stres. Dampaknya adalah ganguan keseimbangan leptin atau hormon yang bertugas mengatur rasa lapar. Seseorang yang tidur hanya lima jam perhari cenderung gemuk bila di bandingkan dengan mereka yang tidur delapan jam setiap hari.
ahli gizi Rhiannon Lambert menuturkan, rasa lelah lantaran kurang tidur bisa menambah nafsu terhadap makanan yang mengandung lebih banyak gula dan karbohidrat. ''Karena butuh energi secepatnya," ujar ahli gizi dari Rhitriotion tersebut.
Selain itu, makan karbohidrat pada malam hari mendorong nafsu makan meningkat. Sebab, karbohidrat mengandung banyak glukosa yang membuat ketagihan. karena itu, ketika bangun pada pagi hari, Anda ingin segera makan.
Untuk menghindari bangun dengan rasa Ekstra lapar, Para ahli menganjurkan makan - makanan yang kandunganya lebih kompleks sebelum tidur. Misalnya, roti gandum atau beras merah.
Hal lain yang membangkitkan nafsu makan adalah mengonsumsi alkohol. Berdasr penelitian yang dipublikasikan dalam journal, alkohol dapat menurunkan kadar hormon leptin sehingga seseorang bisa lebih cepat lapar.

Baca juga : 

Bahan media tanam kaktus terdiri dari pasir, kompos, batu kapur, batu bata, dan arang kayu

Bahan media tanam anggrek epifit terdiri dari pakis dan batu bata

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »