Pemberian pakan yang di butuhkan oleh kelinci


Faktor makanan merupakan salah satu faktr utama didalam mengembangkan ternak kelinci. Oleh karena itu berhasilnya usaha ternak kelinci juga sangat tergantung kepada perhatian peternak di dalam menyajikan mutu makanan beserta volumenya. Sehubungan dengan kebutuhan makanan kelinci, dibawah ini perlu di utarakan :
  1.  Zat makanan yang dibutuhkan.
  2. Bahan makanan.
  3. Pemberian makanan menurut maksud/tujuan.
  4. Kebutuhan zat makanan.
- Zat - zat makanan yang dibutuhkan.
Adapun kebutuhan vitamin itu antara lain :

  • Vitamin A. Vitamin ini diperlukan kelinci segala umur. Kekurangan vitamin A mudah menyebabkan penyakit Coryza, penyakit mata, steriol dan mudah diserang parasit. Vitamin A bisa diperoleh dari tanaman - tanaman yang berwarna hijau, wortel, jagung kuning, minyak ikan.
  • Vitamin B Kompleks. Pada umumnya kelinci tak menderita kekurangan Vitamin B. Sebab Vitamin B bisa di simpan oleh semacam pseudo pemamah biak.
  • Vitamin D. Banyak di butuhkan kelinci muda atau yang sedang tumbuh. Kekurangan vitamin D menyebabkan penyakit tulang ( rachitis ), Yak ini pertumbuhan tulang kurang sempurna dang mengganggu saraf. Vitamin D bisa di peroleh pada tanaman - tanaman dari bangsa leguminusa yang berwarna hijau, tanaman yang mendapat sinar matahari, minyak ikan. 
  • Vitamin E. adalah vitamin kesuburan atau anti sterilitas. Vitamin ini banyak terdapat pada biji - bijian sebangs padi, dan leguminosa ( bagian yang berwarna hijau ), kecambah.
- Hydrat arang dan lemak.
Baii hydrat maupun lemak, keduanya di butuhkan kelinci guna menimbulkan energi ( tenaga ). Dan kelebihan hydrat arang akan membantu pembentukan lemak di dalam tubuh, sehingga kelinci menjadi gemuk.
Hydrat arang terdapat pada : jagung, sorghum, katul, ketela pohon, ketela rambat.
sedang lemak terdapat pada : kacang tanah, kedelai, katul dsb.

- Mineral.
Mineral adalah berbagai macam garam seperti Ca, p, Fe, dls. Yang diperlukan tubuh untuk : pertumbuhan, berproduksi, reproduksi dls. Mineral bisa diberikan antara lain dalam bentuk : tepung ikan, tepung tulang, kapur dls.

- Protein.
Protein dibuthkan oleh ternak seperti halnya mineral ; protein juga untuk pertumbuhan, mengganti sel baru, dan berproduksi. Oleh karena itukelinci segala umur membutuhkan protein, lebih - lebih yang sedang buntung dan kelinci muda, yang sedang tumbuh. Protein terdapat pada : tepung ikan, bungkil kelapa, bungkil kacang, kedelai, daun turi, daun lamtoro dls.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »