Bahaya yang sangat besar bagi seorang yang merokok dan perokok pasif


     Asap rokok mengandung kurang lebih 4.000 bahan kimia yang 200 diantaranya beracun dan 43 jenis lainya dapat menyebabkan kanker bagi tubuh. Beberapa zat yang sangat berbahaya yaitu tar, nikotin, karbon monoksida, dsb. Ibu hamil yang merokok atau menjadi perokok pasif, menyalurkan zat - zat beracun dari asp rokok kepada janin yang dikandungnya melalui peredaran darah. Nekotin rokok menyebabkan denyut jantung janin bertambah cepat, sedangkan karbon monoksida menyebabkan berkurangnya oksigen yang diterima janin. Carbon monoksida dan nikotin adalah 2 bahan kimia yang paling berpengaruh terhadap janin. Co menurunkan kemampuan membawa oksigen yang cukup pada jaringan janin. Nikotin meningkatkan tekanan darah dan menurunkan angka pernapasan, nikotin berefek pada sistem saraf pusat, genetalia, saluran cerna, sistem urinari janin, fetal hypoxemi melalui reduksi darah dari plaenta.
Asap rokok yang baru mati di asbak mengandung 3 kali lipat bahan pemicu kanker diudara dan 50 kali mengandung bahan mengiritasi mata dan pernafasan. Semakin pendek rokok semakin tinggi kadar racun yang siap melayang keudara. Suatu tempat yang penuhi polusi asap rokok adalah tempat yang lebih berbahaya dari pada polusi di jalanan raya yang macet. Seseorang yang mencoba merokok biasanya akan ketagihan karena rokok bersifat candu yang sulit di lepaskan dalam kondis apapun. Seseorang perokok berat akan memilih merokok dari pada makan jika uang yang dimilikinya terbatas.
Harga rokok yang mahal sangat memberatkan seorang yang tergolong miskin, sehingga dana kesejahteraan dan kesehatan keluarnya sering dialihkan untuk membeli rokok. Rokok dengan merk terkenal biasanya dimiliki oeh perusahaan rokok asing yang berasal dari luar negeri, sehingga uang yang dibelanjakan perokok sebagian akan lari keluar neger yang mengurangi devisa negara. Pabrik rokok yang memperkejakan banyak buruh tidak akan mampu meningkatkan taraf hidup pegawainya, sehingga apabila pabrik rokok di tutup parah buruh dapat dipekerjakan ditempat usaha lain yang lebih kreatif dan mendatangkan devisa.
sebagian perokok biasanya akan mengajak orang lain yang belum merokok untuk merokok agar merasakan penderitaan yang sama denganya, yaitu terjebak dalam ketagihan dalam asap rokok yang jahat.  Sebagian perokok juga ada yang secara sengaja merokok ditempat umum agar asap yang dihembuskan dapat dihirup oleh orang lain, sehingga orang lain akan terkena penyakit kanker.
kegiatan yang merusak tubuh adalah perbuatan dosa, sehingga rokok dapat di kategorikan sebagai benda atau barang haram yang harus dihindari dan di jauhi sejauh mungkin.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »