Bahan Media Tanam Berupa Jiffy


Cara pembuata.
- Jiffy yang berbentuk kepingan bundar disiram air berulang kali selama kira-kira 15-30 menit. Cara lain adalah dengan merendam jiffy dalam air selama kira-kira 10-15 menit.
- Jiffy yang direndam tersebut akan menyerap air dan akan mengembang. Pengembangan tersebut menyebabkan jiffy mempunyai ketebalan kira-kira 5 cm. Jiffy yang berwarna hitam tersebut siap digunakan sebagai media tumbuh.

Penggunaan
- Jiffy dapat digunakan sebagai media pesemaian benih yang telah dikecambahkan terlebih dahulu. Benih berasal dari tanaman hotikultura yang berkualitas baik.
- Benih dengan bakal akar ditanam pada cekungan yang terletak dibagian atas jiffy. Jiffy telah mengandung unsur hara yang dapat mendukung kelangsungan hidup tanaman selama kira-kira 3-4 minggu sebelum tanaman siap dipindahkan pada media yang baru. Selama waktu tersebut, pemberian air harus tetap dilakukan.
- Jiffy perlu diletakkan di tempat yang cukup mendapat udara dan cahaya. Karena bentuknya yang kecil, jiffy dapat diletakkan di rak sehingga memudahkan penyiramanya.
-Setelah akar bibit tanaman tumbuh lebat pada media jiffy, maka bibit tersebut siap dipindahkan ke media lain. Kegagalan pesemaian benih pada media tanam jiffy sangat kecil karena jiffy bebas dari hama dan penyakit.

Baca Juga :

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »