Cara Mengawinkan kelinci


Kelinci yang sudah siap untuk dikawinkan biasanya menunjukkan tanda - tanda sbb. :

  • Kelinci nampak gelisah.
  • Kelinci selalu berusaha untuk bergabung dengan kelinci dengan kelinci lain yang kandangnya berdekatan.
  • Kelinci sering menggosok - gosokkan dagunya pada tempat makan, minum dls. 
Akan tetapai perlu diketahui bahwa kita hendak mengawinkan kelinci tak selalu memerlukan gejala luar semacam itu. Kita juga bisa menentukan apakah kelinci itu sudah siap kawin atau belum, yakni dengan jalan membawa atau memasukkan betina kekandang jantan. jika betina itu menerima, berarti ia sudah siap kawin. Dan selanjutnya untuk mengawinkan kelinci, bisa dilakukan dengan berbagai cara antara lain :

- Dengan memasukkan betina kedalam kandang pejantan.

Kita harus mengambil betina dan memasukkan ke kandang pejantan. Sebab bila tidak, akan mendapatkan kesulitan.Pejantan yang dimasukkan kedalam kandang betina, biasanya betina berkeberatan jika ada kelinci lain yang masuk di dalam kandang mereka, sehingga pasti akan dilawan. Di samping itu ada beberapa penjantan yang sangat lambat di dalam melakukan proses perkawinan pada kandang yang baru atau masih asing itu. Biasanya proses perkawinan akan terjadi tak lama sesudah betina di masukkan ke dalam kandang pejantan. Sehabis pejantan naik pada betina dan kemudian jatuh disampingnya berarti bahwa perkawinan telah selesai. Kemudian kembalikanlah betina tersebut ke kandangnya.

- Dengan memegang betina.

Ada beberapa kelinci betina yang sulit menerima pejantan. Dalam hal ini kita bisa mengatasi dengan jalan memegang betina. Adapun caranya adalah sbb.
Tangan kanan memegang kedua telinga dan lipat kulit di atas bahu, tangan kiri di bawah badan di antara kaki belakang. Kemudian tempatkanlah ibu jari pada sisi sebelah kanan vulva, dan jari telunjuk di sebelah kirinya atau jari manis. Selanjutnya tekan dan doronglah kulitnya dengan pelan ke belakang. Dengan demikian ekor menjadi tegak ke atas, sehingga tak mengganggu perkawinan.
Biasanya betina atau jantan yang biasa dipegang tak akan menolak pertolangan semacam ini. Oleh karena itu baiklah apabila kelinci muda bisa dilatih atau sering di pegang, bila hendak dikawinkan dengan cara ini. Dengan tehnik perkawinan semacam tersebut di atas saudara harus ada kesabaran. Dan cara ini tak selalu di gunakan, sekedar menolong guna meningkatkan produksi.

Baca Juga : 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

komentar