Cara Menanam Kentang dengan Sistem Hidroponik Secara Sederhana


Bertanam hidroponik sangat menyenangkan, apalagi kalau cuma tanam sayur. Manfaatkan pekarangan kita dengan mengisi sayur seperti: sawi, bayam, kangkung, dsb.. Disamping untuk hiburan akhir pekan, hasilnya dapat kita manfaatkan untuk kesehatan dengan makan sayur rutin yang bebas pestisida.

Hidroponik adalah suatu cara pembudidayaan tanaman tanpa menggunakan tanah sebagai media pertumbuhan. Jadi media tanah diganti dengan arang sekam/pasir. Karena media yang digunakan bukan tanah, nutrisi yang diperlukan tanaman berbentuk larutan. Tidak seperti media tanah yang memiliki unsur hara yang berupa zat-zat penting bagi tumbuhan. Hidroponik memiliki keunggulan yaitu tidak memerlukan lahan yang luas. Jadi tidak perlu berkeliling ladang yang luas untuk perawatan dan panen. Hidroponik merupakan salah satu alternatif bagi petani yang tidak memiliki lahan yang cukup untuk becocok tanam.

Jadi selain merubah pandangan bertani yang kuno menjadi modern, menyenangkan dan tidak membutuhkan lahan yang luas.

Video singkat berisi uraian peralatan, pembuatan nutrisi hingga menyemai benih disini mudah-mudahan dapat memberikan gambaran singkat dalam memulai bertanam hidroponik.

Cara membuat kebun hidroponik kentang ini tidak jauh berbeda dengan hidroponik cabe ataupun hidroponik tomat. Hidroponik untuk pemula lebih baik menggunakan hidroponik sistem wick. Nanti kalo sudah tau konsepnya baru beralih ke hidroponik nft, karena hidroponik sistem nft lebih banyak menghasilkan.


hidroponik, hidroponik sederhana, tutorial, bertanam hidroponik, gelas bekas air mineral, sistem sumbu, wick system, cara, hydroponics (competitive space), teknik hidroponik, sayuran hidroponik, jember hidroponik, tanaman hidroponik, nutrisi hidroponik, cara bertanam hidroponik, media tanam hidroponik, self irrigating planter, pertanian hidroponik, sistem hidroponik, hidroponik tomat, hidroponik adalah, jenis tanaman hidroponik, pupuk hidroponik, hidroponik botol bekas, terbaru, inovatif, kreatif, metode, cara tanam hidroponik, cara menanam hidroponik, budidaya tanaman hidroponik, cabe hidroponik, jember fashion carnafal, tomat hidroponik, budidaya, cara menanam, nutrisi hidroponik sederhana, mentimun, teknik, 2015, 2016

hidroponik, hidroponik sederhana, tutorial, bertanam hidroponik, gelas bekas air mineral, hydroponics (competitive space), teknik hidroponik, tanaman hidroponik, nutrisi hidroponik, cara bertanam hidroponik, media tanam hidroponik, pertanian hidroponik, sistem hidroponik, jenis tanaman hidroponik, pupuk hidroponik, hidroponik botol bekas, cara tanam hidroponik, budidaya tanaman hidroponik, nutrisi hidroponik sederhana,

Hidroponik identik dengan teknologi budi daya yang sulit. Investasinya juga mahal. Ternyata tidak selalu seperti itu. Kini, teknologi bercocok tanam tanpa tanah itu sudah sedemikian populer. Bisa diaplikasikan dengan mudah dan murah, skala hobi atau komersial.

Memetik sayuran yang segar dan sehat dapat dilakukan setiap hari tanpa harus belepotan tanah. Bagi yang tertarik untuk bisnis, prospek budi daya hidroponik terbuka lebar. Dari kebun seluas 500 m2 dapat diperoleh omzet Rp30-juta. Tertarik? Buku ini satu-satunya yang menjelaskan pengetahuan tentang hidroponik secara lengkap dan aplikatif.

Semangka Hidroponik, Melon Hidroponik, Tomat Hidroponik, Cabe Hidroponik, Selada Hidroponik, Kangkung Hidroponik, Nutrisi Hidroponik, Watermelon, Hydroponics Watermelon, Hidroponik, Sistem Hidroponik, Hidroponik Wick System, Fertigasi Sistem, NFT Sistem, ABmix Pemupukan, Pupuk Organik, Tanaman Organik
Cara Menanam Kangkung Dengan Metode Hidroponik Sederhana, tanaman hidroponik, hidroponik sederhana, cara menanam hidroponik, nutrisi hidroponik, cara bertanam hidroponik, media tanam hidroponik

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »